Nama Blog Kamu
  Loading...

Keep Spirit Jambi

Minggu, 17 Agustus 2014

Zoerman Manap, Ketua DPD I Golkar Provinsi Jambi

Aktif Sejak Muda, Konsisten dan Konsekuen

Zoerman Manap, Ketua DPD I Golkar Provinsi Jambi






















inspirasijambi.blogspot.com -  Zoerman Manap adalah salah satu politisi besar Provinsi Jambi. Sempat duduk di MPR RI, Zoerman sempat menjabat Ketua DPRD Provinsi Jambi. Beberapa periode pula dia setia memangku jabatan Ketua DPD I Partai Golkar Provinsi Jambi.

BERSAMA Partai Golkar, karir politik Zoerman sangat gemilang. Bahkan, lewat Pileg 2014, dia kembali terpilih sebagai anggota DPRD Provinsi Jambi. Dia duduk di MPR RI periode 2001-2004, semasa pemerintahan Megawati Soekarnoputri. Tapi kini dia memilih berkiprah di daerah.

“Sejak muda saya sudah aktif di organisasi,” ujar Zoerman dalam suatu perbincangan dengan Jambi Today dua hari lalu. Zoerman, putra mantan Walikota Jambi A Manap,  lahir di Kota Jambi pada  24 Maret 1943.

Masa mudanya penuh dengan catatan aktivitas di sejumlah organisasi. Semasa kuliah di Universitas Parahyangan Bandung, ia ikut mendirikan KPD (Kumpulan Pelajar Djambi). Ini merupakan organisasi wadah  mahasiswa asal Jambi yang menuntut ilmu di Kota Kembang itu.

Di masa-masa kuliah itu pula dia ikut mengusahakan asrama bagi mahasiswa asal Jambi. Didikan organisasi semasa kuliah berlanjut terus sampai bertahun-tahun kemudian hingga dia dipercaya menduduki sejumlah jabatan di beragam organisasi.

Zoerman pernah menjabat Ketua Gabungan Pengusaha Konstruksi Se Indonesia (Gapensi) Jambi dan Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Daerah Provinsi Jambi.

Di jalur politik, Zoerman memilih Partai Golkar sebagai naungan. Sejak 1998, karir politik di Golkar tak pernah redup - dia menjabat Ketua Umum DPD I. Sebelum itu, dia tercatat sebagai pengurus aktif.

Sukses di kancah politik tak membuat orang nomor satu di partai berlambang pohon beringin ini melupakan kegiatan-kegiatan lainnya. Politikus yang mengaku suka membaca ini dalam kesibukannya masih menyempatkan diri untuk berkebun dan memelihara ikan.

“Karena aktif beroganisasi sejak muda, saya tidak pernah mengira jika diri saya akan jadi politikus seperti saat ini,” kata Zoerman.

Zoerman berkisah, kunci suksesnya dalam berpolitik selama ini adalah sikap konsisten dan konsekuen. “Seorang pemimpin harus bisa menjadi contoh bagi bawahannya. Pemimpin harus tegas, jujur, dan tidak melakukan hal yang membuat bawahannya menjadi tidak percaya terhadapnya,” kata Zoerman.

Pemimpin, tambah Zoerman, juga harus bertanggung jawab dalam segala hal yang telah ia buat dan ia putuskan. “Itulah tanda-tanda pemimpin --konsisten dan konsekuen,” kata suami dari Monalisa dan bapak dari dua anak yang kini menjabat Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi ini.

Sumber: Jambi Today (29 Juli 2014)

Previous
Next Post »

 
Back To Top